Senin, 31 Oktober 2016

Buah Naga PANEN SEPANJANG TAHUN

(Source : ruangtani.com)
Tanaman Buah Naga (Hylocereus polyrhizus) yang telah berumur 3 tahun merupakan tanaman yang sudah stabil berbuah.  Biasanya tanaman buah naga memerlukan bantuan tiang untuk menjaga batang agar tumbuh tegak keatas.  Penyangga bisa berupa tanaman hidup atau tiang beton cor untuk mengikatkan akar rambat pada batang.  Tinggi tiang penyangga adalah 160 cm dan jarak antar tanaman 3 x 3 meter dengan jumlah 4 tanaman tiap tiang.

Pada masa produktif rata-rata tanaman akan berbunga setiap 2 minggu sekali sehingga dalam satu batang bisa ditemukan beberapa fase sekaligus mulai bunga sampai buah siap panen.  Dalam satu bulan tiap tiang tanaman akan menghasilkan 3 kg buah naga masak.  Ketinggian tempat tumbuh yang sesuai untuk buah naga adalah 100 - 500 mdpl.  Jika lokasi geografis penanaman dan pemeliharaan tanaman secara intensif maka buah naga akan berbuah sepanjang tahun.

Pemeliharaan tanaman buah naga meliputi pemupukan, pengairan dan pencegahan hama penyakit.  Pemupukan organik dengan pupuk kandang sebanyak 20 kg per tiang sedangkan pemupukan kimia dengan NPK sekitar 300-400 gram per tiang.  Pengairan tanaman sebanyak 5-10 liter per tiang, jika musim hujan kebutuhan air tercukupi maka tidak perlu untuk disiram namun jika musim kemarau maka perlu dilakukan penyiraman.  Untuk efisiensi tenaga kerja maka sangat baik jika dibuatkan instalasi penyiraman dengan pipa atau selang.  Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan penyemprotan minyak atsiri dari sereh wangi (Andropogon citratus) sebanyak 1-2 cc kedalam 1 liter air dengan frekuensi sebulan sekali.  Pemakaian minyak sereh sebagai bahan fungisida dan insektisida organik.

Letak geografis lokasi penanaman buah naga berpengaruh pada periode produktif berbuah.  Daerah yang lokasinya di utara garis khatulistiwa ( > 5o LU) akan berbuah selama musim kemarau (Maret-Oktober) sedangkan lokasi di selatan garis khatulistiwa ( > 5o LS) akan berbuah selama musim hujan (November-April).  Sedangkan daerah garis khatulistiwa akan berbuah sepanjang tahun.


2 komentar:

  1. terima kasih atas infonya. kapan2 aku akn mencobanya. memang buah naga akn menghasilkn keuntungan yg banyak disamping banyak khasiyatnya.

    BalasHapus

Tulis komentar anda disini