Kamis, 26 Mei 2016

COBA TEBAK ! Mana Untung Terbesar Menanam Buah Tanpa Kenal Musim Ini?

Buah tanpa musim
Alangkah menguntungkan jika kita memiliki kebun tanaman buah yang setiap saat berbuah tanpa kenal musim.  Keuntungannya ialah harga buah pasti lebih stabil, pendapatan hasil panen rutin dan pemasarannya pasti lebih mudah.  Potensi hasil panen masing-masing jenis buah tergantung dari cara budidayanya, disini saya tidak membahas tata cara menanam atau budidaya secara lengkap, silahkan mencari literatur yang relevan.

Selain jenis buahnya saya tulis pula potensi hasil panen rata-rata setiap bulannya yang saya kumpulkan dari berbagai literatur.  Hasil panen berupa kuantitas produksi sedangkan harganya bisa menyesuaikan kondisi pasar setiap waktu dan daerah masing-masing.  Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman buah yang bisa kita tanam yang masa panennya tidak mengenal musim.

1.  Pepaya California
Merupakan tanaman yang produktifitasnya tinggi.  Biasanya mulai berbuah berumur 4 bulan setelah penanaman dengan masa produktif 12 sampai 18 bulan.  Dalam 1 pohon menghasilkan 4 buah matang setiap bulannya.  Jika jarak tanam 2 x 3 m maka jumlah tanaman adalah 1.666 phn/ha, maka akan dihasilkan 1.666 pohon x 4 buah = 6.664 kg/bulan/ha dengan asumsi 1 buah beratnya adalah 1 kg.

2.  Buah Naga
Tanaman dengan batang menjulur dan bercabang, biasanya diberi tanaman atau batang rambatan.  Jarak tanam 2 x 2,5 m maka jumlah tanaman adalah 2.000 batang per ha.  Dengan pemupukan intensif 1 kg pupuk kandang dan 0,5 kg NPK tiap bulan maka potensi hasil buah naga adalah 500 - 700 kg per bulan.

3.  Jambu Kristal
Menurut informasi, asal muasal jambu kristal adalah dari Taiwan.  Buah jambu kristal renyah, manis, nyaris tanpa biji dan rasanya manis.  Mulai produktif berbuah umur 8 bulan setelah tanam dengan berat 500 - 900 gram per buah. Pohon jambu kristal berbuah terus-menerus namun pemanenan dapat dilakukan 3 sampai 4 kali setahun dengan potensi hasil 15 - 80 kg/pohon/tahun tergantung besar-kecilnya pohon dan jumlah cabang.

4.  Anggur
Anggur mulai berbuah setelah 1 tahun dari penanaman.  Produksi pada tahun pertama sekitar 5 kg/pohon sekali panen.  Setelah berumur 2 tahun meningkat menjadi 10 kg dan tahun ke-3 menjadi 20-30 kg per pohon.  Buah anggur mulai berbunga sampai siap panen memerlukan waktu 3 bulan.  Setelah panen semua cabang bekas buah dipotong habis (prunning) sehingga menjadi gundul.  Dalam waktu 1 bulan bekas pemotongan cabang akan tumbuh tunas baru dan segera berbunga kembali sehingga dalam setahun dapat panen sebanyak 3 kali.

5.  Semangka dan Melon
Buah semangka dan melon adalah tanaman buah yang sejenis sehingga cara budidaya dan umur tanaman pun sama.  Umur panen semangka adalah 70-100 hari dengan produksi 2-3 buah per tanaman akan didapatkan hasil antara 30-40 ton per ha.

6. Belimbing
Pertama kali berbuah umur 3 tahun setelah tanam.  Di Jawa Timur bibit belimbing unggul berasal dari Blitar.  Lama masa berbuah adalah 3 bulan sejak munculnya bunga sampai buah matang siap panen.  Syarat penting untuk menghasilkan buah yang bagus dan mulus adalah dengan dibungkus sejak buah masih pentil.  Potensi hasil produksi buah belimbing dengan budidaya intensif adalah antara 250 buah/pohon/tahun. Bila jumlah populasi 500 pohon/ha dan berat buah 150 gram, maka hasil produksinya mencapai 18,75 ton/ha/tahun

7.  Apel
Agak berbeda dengan beberapa jenis buah diatas, buah apel lebih spesifik tempat hidupnya yaitu ditempat ketinggian 1000-1200 mdpl, suhu 16o-27oC, kelembaban 75%-85%.  Dengan jarak tanam 3 x 3 meter jumlah tanaman sekitar 1.000 pohon/ha.  Umumnya apel dapat dipanen sebanyak 2 kali dalam setahun dengan produksi 20 ton sekali panen sehingga hasil produksi pertahun adalah 40 ton per hektare.

Demikian beberapa jenis tanaman buah yang dapat panen tanpa musim.  Tanaman buah yang saya pilih tersebut bukan mutlak kebenarannya tetapi hanya dipakai untuk tujuan referensi semata.  Apapun pilihan jenis tanamannya semua terserah kepada anda.  Semoga bermanfaat. (*_*)

1 komentar:

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS DANA GAIB

    BalasHapus

Tulis komentar anda disini